Pengertian Blog




Pada zaman sekarang ini teknologi informasi berkembang begitu pesat. Dalam hal ini, tentu saja kata blog tidak lagi asing terdengar di telinga kita. Jangan sampai kita sering mendengar kata blog namun kita tidak mengetahui definisi dari blog itu sendiri. Untuk itu, kali ini saya akan coba berbagi tentang pengertian dari blog. Menurut bahasa blog itu terdiri dari dua kata yaitu web yang artinya online dan log yang artinya catatan.
Jadi definisi dari blog itu adalah bentuk aplikasi web yang berisi tulisan, catatan, artikel atau informasi yang bisa diupdate secara teratur dan dapat diakses secara online, baik untuk pribadi maupun umum. Dengan kata lain, blog itu bisa dikatakan sebagai media untuk mempublikasikan tulisan-tulisan kita di dunia maya.
Media blog pertama kali dipopulerkan oleh blogger.com, yang dimiliki oleh PyraLab kemudian pada akhir tahun 2002 yang lalu, PyraLab diakuisisi oleh google.com. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.
Blog adalah suatu media yang sangat mudah dikelola. Selain karena fiturnya yang nyaman dimata pengguna, blog juga tidak memerlukan biaya alias gratis, kecuali untuk blog yang menyewa sebuah hosting dan domain, itu pun biayanya tergolong murah.