Fungsi dan jenis2 Akuntansi

 

Fungsi Akuntansi

Akuntansi bisa dianggap sebagai bahasa perusahaan dalam memberikan informasi berupa data-data keuangan yang digunakan untuk pengambilan keputusan. Setiap perusahaan membutuhkan dua macam informasi tentang perusahaannya, yaitu tentang nilai perusahaan dan informasi mengenai laba/rugi perusahaan. Dengan akuntansi, Anda dapat mengetahui jumlah modal yang dimiliki perusahaan dan perkembangan perusahaan pada periode tertentu. Proses akuntansi juga bisa menjadi dasar perhitungan pajak dan untuk menentukan kebijakan manajemen perusahaan. Dengan proses akuntansi, Anda juga dapat menjelaskan kepada pihak ketiga seperti Bank atau investor mengenai kondisi perusahaan dengan tepat ketika suatu waktu Anda memerlukan kredit usaha.

Jenis-Jenis Akuntansi

Setelah mengetahui definisi, fungsi, dan aktivitas akuntansi, sekarang kita akan membahas jenis-jenis akuntansi yang ada. Sama seperti bidang manajemen,  akuntansi juga memiliki berbagai spesialisasinya, antara lain.

Akuntansi Keuangan

Bidang akuntansi yang secara khusus mempelajari tentang transaksi-transaksi keuangan seperti utang (kewajiban), modal (ekuitas), ataupun perubahan aset perusahaan.

Akuntansi Manajemen

Bidang akuntansi yang memberikan data real kepada pihak internal perusahaan (manajemen) untuk menentukan kebijakan perusahaan selanjutnya.

Akuntansi Biaya

Bidang akuntansi yang bertujuan untuk mengefisensi biaya produksi ataupun biaya-biaya yang lain.

Akuntansi Pajak

Bidang akuntansi yang bertujuan untuk mengurusi perpajakan. Dalam hal ini untuk meminimalisasi pajak yang harus dibayarkan perusahaan tanpa menyalahi aturan yang berlaku.

Akuntansi Pemeriksaan

Bidang akuntansi berupa pemeriksaan atas laporan pencatatan akuntansi atau laporan keuangan yang dilakukan oleh akuntan independen tanpa adanya tekanan dari pihak manapun. Akuntansi pemeriksaan ini biasa disebut dengan audit, dan orang yang mengaudit disebut auditor.

Akuntansi Anggaran

Bidang akuntansi ini mempelajari penyusunan budget atau pengeluaran dari sebuah perusahaan kemudian membandingkannya dengan pengeluaran yang aktual.

Akuntansi Pemerintahan

Bidang akuntansi yang mempelajari tentang penyajian data laporan keuangan atau financial statement yang dilakukan oleh lembaga pemerintahan, baik lembaga daerah atau pusat.

Akuntansi Pendidikan

Bidang akuntansi yang output-nya diarahkan khusus di bidang pendidikan, misalkan untuk menjadi pengajar akuntansi, peneliti, atau pekerjaan lain yang berhubungan dengan edukasi akuntansi.

Sistem Akuntansi

Bidang akuntansi ini berhubungan dengan proses pembuatan prosedur akuntansi atau alat-alat pendukungnya, serta diikuti oleh penentuan langkah-langkah yang akan diambil kedepannya.

Akuntansi Internasional

Bidang akuntansi yang mempelajari masalah-masalah Internasional seperti pedagangan Internasional yang umum terjadi di perusahaan multinasional atau Internasional.